Iklan Header

Manfaat Kulit Manggis Dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Manfaat Kulit Manggis .Mengkonsumsi daging buah manggis mungkin terdengar sangat biasa, namun mengkonsumsi kulit manggis rupanya menjadi hal baru sebagai alternative penyembuhan segala macam penyakit. Bahkan, banyak sekali produk kulit manggis dalam bentuk sirup siap minum yang dijual bebas di pasaran. kulit manggis sendiri memiliki kandungan yang sangat lengkap untuk kebutuhan gizi tiap hari. Kandungan kulit manggis yang paling utama adalah xanthone yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri, antialergi, antimikroba, dan peregenerasi sel. Adapun kandungan kulit manggis lainnya adalah vitamin B, C, kalsium, zat besi, potassium, mangostin, dan flavonoid.
Dengan kandungan kulit manggis yang lengkap terutama kadar xanthone yang cukup besar, kulit manggis bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

-    Penyakit yang mempengaruhi kinerja otak seperti Parkinson, Alzheimer dan demensia. Hal ini dikarenakan kulit manggis dapat meregenerasi sel-sel baru.
-    Kandungan kulit manggis xanthone dapat mengurangi resistenis insulin sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.
-    Antioksidan dalam kulit manggis juga mampu menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas.
-    Penyakit yang berhubungan dengan system penyaringan tubuh seperti hati dan batu ginjal dapat diatasi karena kulit manggis mampu menetralisir racun dalam tubuh.
-    Penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan kulit manggis adalah kolesterol, hipertensi, asma, stroke, berbagai macam kanker, jantung, jerawat, wasir, diare, disentri, asam urat dan lain-lain.
-   
Kandungan kulit manggis dari jus dan minuman hangat
Untuk mendapatkan kandungan kulit manggis, anda dianjurkan mengolah kulit manggis di rumah untuk menjamin kealamiannya dengan harga relative murah. Akan tetapi, kulit manggis tidak dapat dikonsumsi dalam jumlah besar, cukup konsumsi secara teratur. Terlebih lagi bila anda selalu mengkonsumsi produk kulit manggis yang belum mendapat izin dari dinas yang terkait. Untuk mengatasinya, anda bisa mulai membuat jus maupun minuman hangat dari kulit manggis:

Cara memilah kulit manggis
-    Pilihlah buah manggis dengan permukaan kulit yang bersih. Pastikan tidak ada getah kuning di kulitnya.
-    Kupas buah manggis dan sisihkan kulitnya.
-    Ambil kulit bagian dalam yang berwarna merah keungu-unguan dengan sendok. Kulit dalam yang lunak bisa dikeruk asal yang sampai terlalu dalam.
-    Kulit bagian luar tidak bisa dimanfaatkan karena mengandung zat lilin dan menyebabkan sembelit.
Membuat jus
-    Ambil kulit manggis yang sudah dikeruk tadi, masukkan dalam blender dan tambahkan pemanis alami seperti madu dan es.
-    Selain madu, anda bisa memanfaatkan cuka apel, buah anggur, dan lemon untuk mengurangi rasa pahit. Menambahkan gula pasir maupun gula aren juga bisa menambah cita rasa asalkan anda tidakmenderita diabetes.
-    Ada baiknya jika anda memanfaatkan buah dan biji manggis secara bersamaan agar khasiatnya lebih terasa.
-    Seperti apel, jus kulit manggis akan menghitam bila didiamkan karena akan berekasi dengan udara di sekitarnya.
Minuman hangat
-    Remas kulit manggis dengan air hangat atau blender dan tambahkan pemanis.
-    Saring dan siap disajikan dalam keadaan hangat.

Manfaat Kulit Manggis Dan Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Itulah sahabat untuk postingan mengenai MANFAAT KULIT MANGGIS DAN CARA MEMBUAT JUS KULIT MANGGIS semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel